11 Maret 2009

Laboratorium Komputer

Lab. Komputer SD Al Hikmah terletak di lantai 3 Gedung Baitul Ilmi, dengan luas + 90 m2. Fasilitas komputer yang ada di labkom sebanyak 40 unit. Dengan demikian masing-masing siswa dapat menggunakan komputer pada saat jam pembelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) mulai dari kelas 1 sampai kelas 5. Di labkom juga dilengkapi fasilitas internet dengan tujuan untuk sarana mengembangkan ilmu pengetahuan dan informasi.


Selain untuk pembelajaran TIK, sarana komputer yang ada di labkom juga digunakan untuk administrasi dan pengolahan data siswa.
Komputer yang ada di labkom membentuk jaringan (LAN) dengan komputer-komputer yang ada di beberapa kelas, baik di gedung Baitul Ilmu maupun di Baitus Salam sehingga untuk pengolahan data dapat dikerjakan di kelas tersebut.

Program-program labkom antara lain:

A. Siswa
Laboratorium komputer bagi siswa digunakan sebagai media dalam mengenal teknologi informasi meliputi:
1. Pengenalan beberapa bagian hardware komputer serta memahami fungsi kerjanaya
2. Pelajaran komputer dengan menggunakan software edutaiment. WordPad, Microsoft Office dan Mind Mapping
3. Ajang dalam mengasah sisi motorik, kognitif dan kreativitas siswa dalam menggunakan software latih memori dan logika

B. Guru dan Karyawan
Laboratorium komputer bagi guru dan karyawan digunakan sebagai:
1. Media kreatifitas untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme guru dibidang komputer sesuai dengan perkembangan teknologi informasi saat ini.
2. Media untuk membantu tugas guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar terutama dalam pembuatan media pembelajaran
3. Pusat penyimpanan semua data, meliputi data nilai, satpel, soal dan lain-lain, serta dokumentasi laporan perkembangan siswa untuk diberikan kepada orang tua murid.